Selasa, 24 Januari 2012

Budidaya Tanaman Hias


tanaman hias indoor
Sebenarnya begitu luas bisnis yang dapat Anda gali dari sektor pertanian, orang awampun bisa untuk menekuni bisnis pertanian yang berawal dari sebuah hobi. Misalnya jika Anda menyukai tanaman hias. Anda dapat memulainya dengan bisnis kecil-kecilan terlebih dahulu, dengan jual beli atau menyewakan tanaman hias Anda. Selanjutnya, Anda dapat beranjak pada bisnis budidaya bibit tanaman hias unggulan dan segala perlengkapannya seperti pupuk, pot dan suplemen pendukung pertumbuhan tanaman.
Salah satu kelebihan berbisnis tanaman hias adalah tidak menyita banyak waktu yang Anda miliki. Anda juga dapat menjalankan bisnis ini sebagai bisnis sampingan. Sebaiknya dalam memulai bisnis ini, Anda memperluas wawasan tentang keanekaragaman jenis tanaman hias, bagaimana cara perawatan dan pemasarannya. Sesuaikan juga dengan kemampuan Anda, baik masalah ekonomi, lahan dan waktu Anda. Bisnis yang berawal dari hobi, biasanya tidak akan membuat Anda jenuh bahkan menyenangkan dalam menjalaninya dengan rasa senang tanpa terbebani target yang besar.
Apabila Anda telah memiliki keahlian dalam merawat berbagai macam tanaman hias, Anda tinggal menyediakan stok tanaman hias yang cukup serta memiliki beraneka jenis dan ukuran. Karena dalam bisnis ini tidak semua konsumen memiliki permintaan yang sama. Biasanya tanaman yang sering disewa antara lain, jenis palem-paleman, tanaman berdaun indah (dracaena), aglonema, adenium, serta tanaman bunga seperti krisan dan anthurium.
Konsumen
Sebagian besar konsumen dari tanaman hias adalah kelas menengah atas dan tentunya para pecinta tanaman. Namun tidak menutup kemungkinan juga kelas menengah untuk membelinya sebagai hobi. Untuk konsumen yang membutuhkan jasa persewaan tanaman hias Anda diantaranya, perkantoran, gedung ruang-ruang publik, dan pada event-event tertentu seperti acara pernikahan, seminar, dll.
Hambatan
Anda harus benar-benar memahami seluk beluk tanaman hias dan perawatannya, jika tidak tanaman yang Anda berusaha budidayakan bisa jadi layu ditengah jalan. Selain hal tersebut, konsumen yang terbatas membuat Anda harus memasarkannya dengan cara yang baik agar produk Anda cepat laku.
aneka tanaman hias
Kunci Sukses
Untuk mengenalkan produk Anda kepada khalayak pecinta tanaman hias, seringlah untuk mengikuti pameran karena bisa jadi alternatif yang baik. Internet  juga sebagai media promosi online yang sampai saat ini masih merupakan cara terbaik selain promosi melalui media massa yang bergerak dibidang pertanian atau agribisnis. Berikanlah pelayanan yang ramah dan baik kepada konsumen Anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar